Wednesday, October 28, 2015

pasang surut industri film hollywood

Pasang Surut Industri Perfilman Hollywood

Perkembangan industri perfilman dapat ditandai dengan teknik atau metode yang digunakan dalam proses pembuatan film tersebut. Para era klasik awal, kita akan menemukan kebanyakan film berlatarkan teknik mise-en-scene [1] yang banyak digunakan pada film-film produksi eropa (terutama jerman) pada sekitar tahun 1910-an hingga 1920-an. Perkembangan teknologi juga banyak berpengaruh terhadap industri perfilman, sehingga hasil dari kemajuan teknologi tersebut mampu menciptakan teknik pengambilan gambar dan proses editing pita film yang disebut dengan montage [2] dan secara sepihak teknik ini seperti “mempensiunkan” teknik mise-en-scene yang sebelumnya banyak digunakan dalam produksi film.
Kepentingan yang bersifat propagandis membuat film tidak hanya menjadi hiburan semata tetapi film juga menjadi medium komunikasi, penyampaian pesan tertentu kepada audiens yang menontonnya. Adalah Sergei Eisenstein [3] yang memperkenalkan Teori Montase Soviet (Soviet Montage Theory) [4] dan juga perspektif baru dalam film-film yang diproduksinya, ia memanfaatkan kekuatan luar biasa teknik montase untuk mempermainkan emosi audiensnya, tentunya dengan maksud dan tujuan tertentu, hegemoni misalnya. Namun permainan emosi di dalam film tentunya merupakan sebuah invitasi, penawaran dari produsen film kepada audiensnya, tentunya audiens berhak untuk menolak atau menerima ajakan emosional yang ditawarkan di dalam sebuah film, mengutip Smith (2003) yang menjelaskan bahwa “Films do not make people feel” dan;
“Films offer invitations to feel. Film audiences can accept the invitation and experience some of the range of feelings proffered by the text or they can reject the film’s invitation. To accept the invitation, one must be an “educated viewer” who has the prerequisite skills required to read the emotion cues. Not all “educated viewers” accept the invitation, of course.”
Walaupun dalam era klasik kebanyakan film tidak memiliki warna (hitam-putih) dan tanpa suara (silent) namun film telah mampu memproyeksikan pembentukan citra tertentu, memberikan gambaran terhadap suatu hal, dan mengarahkan perspektif audiensnya.
Masa keemasan era klasik (Classical Hollywood Cinema) pada akhirnya harus berakhir ketika televisi mulai muncul sebagai saingan terberat bagi para produsen film pada sekitar tahun 1960an. Banyak industri film yang berbasis studio mengalami kebangkrutan dan harus menutup usahanya, hal ini ditambah dengan munculnya film import/asing yang mulai menghiasi industri perfilman pada saat itu yang juga membawa ideology auteurisme.[5] Hal ini menyebabkan industri perfilman pada era klasik mengalami kemunduran dan pukulan telak.
Setelah keruntuhan era klasik dalam indusri perfilman, Hollywood pun mulai menata diri dan memperbaiki berbagai macam hal yang dapat mengembalikan masa keemasannya. Munculnya filmmaker muda berbakat lulusan dari berbagai sekolah film banyak mulai menunjukan kapasitas dan pengaruhnya nya di dalam industry perfilman. Tak hanya itu, teknik pemasaran dan promosi pun diperbaiki untuk meningkatkan kualitas perfilman pada masa itu. Era ini pun kemudian disebut dengan era Hollywood-baru (New Hollywood Era/American New Wave).  Ciri khas yang paling nampak dalam film pada era ini adalah penggabungan berbagai tema/genre  di dalam satu film yang membuatnya lebih menjanjikan dan menarik untuk disaksikan. Film yang dibuat memiliki alur cerita yang lebih dinamis dan akhir yang tidak terduga, bahkan dapat pula berakhir kontroversial.
Era keemasan Hollywood-baru pun akhirnya juga mengalami keruntuhan pada sekitar tahun 1980an. Faktor utama penyebab keruntuhan ini adalah banyaknya studio yang mengalami kebangkrutan karena film yang diproduksi tidak mampu menghasilkan keuntungan untuk mengembalikan biaya produksinya yang besar. Beberapa film yang dibuat sekuel pun tidak mampu mengasilkan profit besar seperti pada film perdananya.

Film pun bercerita tentang suatu masa dalam kehidupan sosial serta politik masyarakat, menjelaskan tentang apa yang masyarakat pada saat itu pikirkan dan impikan, film mampu bercerita menembus ruang dan waktu.
1. Adalah teknik pengambilan gambar adegan dalam film yang menekankan pada long take serta deep focus pada satu adegan dan seringkali disertai dengan gerakan kamera (bukan angel gambar).
2. Adalah teknik dalam mengedit film dimana serangkaian hasil pengambilan gambar diedit berurutan untuk menyingkat ruang, waktu, dan informasi dalam sebuah film. Hal ini biasanya digunakan untuk menunjukkan berlalunya waktu atau peristiwa.
3. Sergei Mikhailovich Eisenstein adalah seorang sutradara sekaligus produser film berkebangsaan Rusia. Dikenal pula sebagai pionir teori/teknik montase dan juga teoritisi film yang beraliran formalis-estetis.
4. Lebih dikenal dengan Teori Montase Eisenstein. Para pembuat film yang berpegang pada teori ini berpendapat bahwa nilai seni sebuah film dapat dikatakan bernilai jika mampu menghasilkan makna tertentu dan mempengaruh audiensnya. Berdasarkan perspektif yang dibawanya yakni formalis-estetis, film membentuk suatu makna melalui proses pengambilan sudut pandang (angle shot) dan juga proses editingnya.
5. Auteur Theory mencari bentuk keselarasan dalam karya-karya seorang sutradara. Apabila terdapat konsistensi keselarasan dalam karya-karya itu, maka si pembuat film layak mendapat gelar ‘auteur’, sama derajatnya dengan seniman atau sastrawan.

No comments:

Post a Comment